Langsung ke konten utama

Samsung N210 Review


Samsung N210 adalah salah satu netbook terbaru 10,1 inci yang diumumkan oleh Samsung pada awal tahun 2010 ini. Seperti sebagian besar netbook baru tahun ini, Samsung N210 menggunakan prosesor Intel Atom N450, memiliki konsumsi daya yang rendah, menawarkan daya tahan baterai lebih lama.
Model N210 datang di atas N150 / model NB30, dan fitur baterai lebih lama sampai 11,2 jam. Hal ini identik dengan model N220 yang sedikit lebih mahal, model N220 memiliki tutup berwarna (Merah / Hitam, atau Green / Black), tidak hitam / putih saja.

Nih spesifikasinipun Samsung N210

  • 10.1-Inch 1024 x 600 Display (Non Glossy / matte)
  • Intel Atom N450 / 1.66 GHz CPU
  • 250 GB SATA Hard Drive
  • Intel GMA 3150 Graphics
  • 1 GB DDR2 SDRAM – 800 MHz (Upgradeable to 2GB)
  • 3 in 1 Card Reader
  • 0.3 Megapixel Webcam
  • Bluetooth 2.1 EDR
  • 802.11b/g/n/ WiFi, Ethernet
  • Multitouch Touchpad, kayak iphone aja neh..
  • 3x USB 2.0
  • 11.2 Hour Battery Life, sangar broooo
  • 26.5 cm x 18.9 cm x 2.9 cm, 1.34 kg
  • Windows 7 Starter Edition (32-Bit)

Desain dan Kualitas

Tidak seperti beberapa produsen netbook yang baru saja memperbarui netbook mereka sebelumnya dengan prosesor terbaru jenis Trail Pine, Samsung memiliki desain yang sama sekali baru untuk N210, dan saya sangat menyukainya. Ketika saya pertama kali menaruh tangan saya di atasnya, woow...nyaman banget.
Saya merasa bahwa N210 memiliki tampilan yang lebih profesional bergaya dari netbook kebanyakan di pasar. Bagian dalam netbook semua matte, termasuk layar yang besar. Sebuah chrome trim kecil berjalan di luar netbook dan dapat dilihat saat netbook tertutup dan terbuka.
Di bagian dalam netbook adalah matte semua, tapi tutupnya tidak, memiliki cetak mengkilap. tapi sayangnya tidak antiglare (anti minyak) sehingga tampak sidik jari. Coraknya seperti batu bata, menarik. Gambarnya dibawah ini:

 Tentang kualitasnya, Samsung N210 patut dibanggakan, cukup kuat, tidak tampak kelemahan di berbagai sisinya, bahkan di keyboard. Desain yang sangat elegan menyatu dengan kekuatan adlaah netbook yang tidak pernah saya lihat sebelumnya.

Ports / Layout

 Di depan, tampak 3-in-1 multicard reader, bisa untuk SD Memory Card, MultimediaCard, SDHC Memory Card) dan 2 spekaer. Kamu juga bisa liat lampu LED untuk melihat statusnya.

Di sisi samping, kamu dapat melihat lapisan chrome. Sebelah samping kiri ada colokan buat power, ethernet, ventilasi udara, 1 port USB 2.0, serta colokan microphone dan headphone.

 Di sisi kanan, ada 2 port USB 2.0 (jadi totalnya 3 port USB), koneksi VGA dan Kenshington LOCK.


Tidak ada yang macam-macam di bagian belakang, hanya baterai. Di bawah baterai ada SIM Card Slot, tapi sepertinya hanya port dummy. Mboh gak ngerti juga aku.
Di bagian bawah, kamu dapat melihat single access untuk RAM, hal ini sangat memudahkan kamu jika kamu mau mengupgrade RAM dengan obeng, tapi tidak dengan mudah juga melihat komponen lain.

Keyboard

keyboard Samsung N210 adalah juaranya. that's because chiclet type yang dapat memudahkan setiap gerak dan ketikan, bahkan untuk jari besar sekalipun.  

Kekurangannya adalah tombol Backspace dan Shift sebelah kanan yang agak kecil, klo saya sih lebih suka shift sebelah kiri.

Trackpad

 Trackpad sangat responsif dan juga support multi touch, maksudnya apa disini juga saya lom begitu Dong (mengerti), hehe. Jadi gini, kayak iphone ntu, kamu bisa zooming menggunakan 2 jarimu, bisa jari tangan atau kaki, yang penting 2 jari. hahaha..., scroll vertikal maupun horizontal juga dapat mudah dilakukan oleh 2 jari.

Battery Life

 Samsung N210 mempunyai 6 cell 5900 mAh yang diklaim dapat bertahan hingga 11,2 jam. Woooow... muantuuaff. Saya rasa klaim 11 jam harusnya tidak diragukan, karena tergantung dari Sistem operasinya juga, dan pastinya karena tingkat keTERANGan atau brightnessnya, mungkin klaim 11 jam bisa tercapai jika brightnessnya sekitar 40 - 50 %.

Display

LCD 10.1 inchnya mempunyai standard resulusi 1024 x 600 pixel (WSVGA), tapi tidak seperti kebanyakan netbook, di samsung N210, udah terbenam fitur Non-Gloss, matte finish. Matte finish biasanya digunakan oleh notebook sebagai fitur untuk mengurangi cahaya refleksi yang mengganggu. Screen Brightness dapat dengan mudah dipilih dengan 8 tingkatan. Untuk menghemat baterai, brightness dapat diturunkan hingga 50% saja, sudah cukup terang sih klo dalam cahaya ruangan biasa.

Software

 Samsung N210 berjalan di Windows 7 Starter Edition (32-bit), ketika kamu menyalakan komputer pertama kali, kamu akan disuguhi dengan tampilan partisi harddisk 250GBnya, bisa jadi 2 drive atau 1 drive. partisi kedua bisa digunakan untuk Samsung backup utility.

Fasilitas berikutnya adalah "Easy Resolution Manager" yang dapat memudahkan kita untuk memilih resolusi secara cepat.

Samsung juga dapat mendeteksi apakah ada update terakhir dari hardware dan bios, hal ini memudahkan anda agar tetap up to date. Ohya... ada lagi, fasilitas "Speed Profile" yang berisi silent mode, normal dan speed mode.

Fasilitas lain yang tak kalah keren, adalah "Chargeable USB Function", yaitu jika netbook ini dalam keadaan sleep atau off, Samsung N210 dapat tetep mengcharge power dari USB yang telah ditentukan portnya. Bisa buat ngecharge HP atau yang lain, padahal netbooknya mati. Naah... siapa yang mau?

blog.victoricohidayanto.com

Dapetin KEAJAIBAN dengan klik link ini:


Postingan populer dari blog ini

The New Honda Stream

Versi Stream sebelumnya adalah unit 2,0 liter, model generasi terbaru adalah Stream 1.8, didukung oleh mesin R18A SOHC i-VTEC seperti Honda Civic 1.8S. Mesin ini menghasilkan 140 PS di 6.300 rpm dan 174Nm torsi pada 4.300 rpm, gearbox otomatis 5-speed, dengan gigi 4 dan 5 overdrive yang lebih baik untuk jalan raya, ekonomis bahan bakar. Menggunakan Listrik Power Steering dan Drive By Wire throttle.

Sewa / Rental Motor di Surabaya

Sudah dua orang teman yang menanyakan tentang rental / sewa motor di surabaya, apakah memang ada? Bukannya motor lebih cepat hilang/dicuri daripada mobil? siapa yang mau menyewakan motornya? Naah, dari pertanyaan tersebut, ternyata memang ada tempat sewa / rental motor di Surabaya, namanya MotoRent, di Jakarta, motorent sudah memiliki banyak client (dalam hal ini adalah perusahaan yang memerlukan motor untuk pegawainya).

The Karate Kid, bukan The Kung-fu Kid, tidak menemukan Karate-nya

Saat masih kecil, saya sangat menyenangi trilogi Film The Karate Kid. Menurut saya, Karate Kid yang dibintangi Ralph Macchio yang berperan sebagai Daniel Larusso dan Pat Morita sebagai Mr Kesuke Miyagi, adalah salah satu film terbaik yang saya tonton pada tahun itu. Saat itu juga saya akhirnya ikut dalam les karate INKADO FORKI yang berada di Delta Surya Sidoarjo, beberapa bulan kemudian ada lomba dan kebetulan saya meraih juara 3 se-jatim. tapi ntu dulu boss, SMP.